Buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Hak Asasi Manusia Bagi Sekolah Menengah Atas

Registrasi / Login Untuk Membaca ...
Tujuan pendidikan karakter diantaranya adalah untuk mengembangkan kebiasaan dan perilaku siswa yang terpuji serta sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa.
 
Pendidikan karakter dapat dilakukan disemua lingkungan kehidupan sosial dengan berbagai pendekatan.Sekolah adalah salah satu lingkungan penting yang dapat mempengaruhi kebiasaan dan perilaku siswa. Pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai HAM yang universal erat kaitanya dengan karakter siswa yang ingin dikembangkan. Integrasi nilai-nilai HAM dalam mata pelajaran di sekolah dapat mendukung dan melengkapi pendidikan karakter di sekolah.
 
Buku ini merupakan buku pedoman umum tentang integrasi nilai-nilai HAM dalam pendidikan karakter di sekolah. Materi pembelajaran tidak secara khusus memuat mata pelajaran tertentu tetapi terdiri dari materi-materi pada mata pelajaran Sekolah Menengah
Atas yang diintegrasikan dengan nilai-nilai HAM dalam bentuk contoh-contoh kasus atau fenomena penghormatan HAM di masyarakat. Ruang lingkup materi dipilih berdasarkan pertimbangan topik-topik yang secara umum diajarkan di sekolah, baik kelas X, XI ataupun XII.
 
Buku pedoman ini tidak berisi panduan ketat untuk dilaksanakan dengan tahapan ataupun prosedur teknis yang baku tetapi sebagai bahan rujukan yang melengkapi pendidikan karakter di sekolah. Pengguna buku ini dapat menambah atau mengambil materi dan contoh kasus lain yang relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas sesuai dengan pengalaman dan pengetahuannya.

Review


Form Review