Kompilasi Workshop Pemenuhan Hak Perempuan dan Anak Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang Terhadap Pemulangan dan Reintegrasi Sosial

Registrasi / Login Untuk Membaca ...
Perdagangan manusia selalu terkait dengan tindak kekerasan dan intimidasi, sedangkan penyelundupan manusla tidak selalu menggunakan kekerasan dan intimidasi. Fenomena global menggambarkan bahwa banyaknya permintaan didukung oleh faktor kemiskinan dan pengangguran sehingga jumlah korban perdagangan manusia semakin meningkat di banyak negara. Korban seringkali mengalaml kekerasan, penipuan atau pemaksaan yang kemudian dieksploitasi secara seksual atau dipekerjakan tanpa jaminan perlindungan memadai. Dampak dari perdagangan manusia sangat besar, tidak hanya secara individual tetapi juga keluarga. Korban dapat mengalami trauma fisik dan psikis hingga kematian dan mengakibatkan penderitaan keluarga yang ditinggalkannya. 
 
Bentuk dan modus tindak kejahatan yang dilakukon oleh para agen pencari kerja dengan berbagai iming-iming pekerjaan yang menjanjikan haruslah diwaspadai, apalagi bentuk dan kejahatan tersebut dapat mengancam masa depan anak-anak. Apapun bentuk kejahatannya baik perdagangan manusia maupun penyelundupan manusia sering membawa kerugian dan penderitaan terlebih bagi  individu yang menjadi korban perdagangan orang termasuk anak-anak  yang menjadi harus mendapat perhatian serius dalam penanggulangannya dari berbagai pihak.