Penanganan Tenaga Kerja Indonesia yang Dideportasi di Wilayah Perbatasan

Registrasi / Login Untuk Membaca ...

Besarnya permintaan tenaga kerja dari negara-negara tetangga, menyebabkan banyak TKI yang berminat untuk bekerja di luar negeri. Pemerintah telah mengambil langkah-langkah preventif dengan menyiapkan peraturan perundang-undangan, baik yang menyangkut ketenagakerjaan, maupun perlindungannya, namun demikian dalam realitanya terjadi berbagai masalah di negara penerima yang pada akhirnya TKI dideportasi atau dilakukan pemulangan paksa.

Ada beberapa penyebab atau alasan suatu negara mendeportasi TKI, diantaranya adalah karena yang bersangkutan tidak memiliki izin kerja, tidak memiliki dokumen yang sah, dan atau bekerja tidak sesuai dengan izin kerja yang dimiliki, mengalami masalah baik dalam bentuk tindak kekerasan, ketelantaran, disharmoni sosial dan ketidakmampuan menyesuaikan diri.

Penangangan pemulangan Tenaga Kerja Indonesia ini dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pemulangan TKI. Dalam rangka peningkatan upaya perlindungan hak-hak TKI, perlu disusun suatu pedoman penanganan TKI yang dipulangkan di wilayah perbatasan untuk dijadikan pedoman/ acuan baik oleh Satgas, LSM maupun TKI sebagai bentuk perlindungan hak asasi manusia Tenaga Kerja Indonesia yang dideportasi.

Review


Form Review