Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di Kawasan Danau Toba

Registrasi / Login Untuk Membaca ...
Penelitian ini merupakan kegiatan kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara dengan dilatarbelakangi mengenai komitmen Pemerintah Pusat dan Daerah Sumatera Utara dalam rangka mengembangkan Kawasan Wisata Danau Toba, yang beberapa tahun ini laju pertambahan wisatawan terkesan lambat, disertai kendala dari berbagai aspek.
Pada hakekatnya, ada empat bidang pokok yang akan dipengaruhi oleh usaha pengembangan pariwisata, yaitu ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan hidup.Dampak positif yang menguntungkan dalam mengembangkan ekonomi yaitu kegiatan pariwisata dapat mendatangkan devisa negara dan tercapainya kesempatan kerja, serta adanya kemungkinan bagi masyarakat di daerah tujuan wisata untuk meningkatkan pendapatan dan standar hidup mereka. Dampak positif lain adalah perkembangan atau kemajuan budaya, terutama pada unsur budaya teknologi dan sistem pengetahuan yang maju. Namun, dampak negatif dari pengembangan pariwisata akan menonjol pada bidang sosial dan lingkungan. Dari sisi sosial, gaya hidup masyarakat  di daerah tujuan wisata akan berubah meliputi perubahan sikap, tingkah laku dan perilaku karena kontak langsung dengan para wisatawan yang berasal dari budaya yang berbeda. Dari sisi lingkungan, dengan banyaknya wisatawan tidak menutup kemungkinan akan terjadi akan terjadi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Untuk itu, diperlukan suatu kebijakan mulai dari perencanaan dan pengembangan sektor pariwisata yang terpadu dan terintegrasi. dengan berbagai sektor pembangunan lainnya melalui kerjasama dan partisipasi dari pemangku kepentingan (stakeholders) dan masyarakat.
Dengan kata lain, pengembangan kepariwisataan berkelanjutan harus dapat mengelola dan mengembangkan seluruh kualitas lingkungan daerah tujuan wisata dan warisan budaya serta menjamin manfaat aktivitas kepariwisataan dan distribusi ekonomi terhadap masyarakat secara luas dan dalam jangka waktu yang lama.

Review


Form Review